Langsung ke konten utama

Berhenti food combining? Ada dampaknya?

Sejak saya menikah Februari 2017, pola makan saya yang biasanya teratur akhirnya terganggu. 
Saya yang setiap pagi selalu rutin sarapan buah dan minum jus, makan siang dan malam mengikuti pola makan yang sesuai juglak ( siang hari : karbo + protein nabati + sayur ; Malam hari : Protein hewani + sayur)
Akhirnya perlahan-lahan berubah. Untuk beberapa saat masih bisa saya atasi, dengan terkadang masih tetap menggunakan pola makan food combining. Tapi, semakin lama pola makan ini mulai tidak beraturan dan akhirnya sedikit saya tinggalkan.
Berhubung saya setiap bulan berkunjung ke rumah mertua, yang memang pola makannya 3x sehari harus mengkonsumsi nasi, itu mempengaruhi juga.
Mungkin mertua saya merasa aneh dengan pola makan saya yang tidak sarapan pagi dengan nasi. Saya selalu menolak untuk sarapan dengan nasi dan lebih memilih untuk sarapan dengan buah. Sempat bertanya, apa saya tidak lapar hanya mengkonsumsi buah saja. Saya jawab tidak. Karena memang kondisi tubuh saya sudah terbiasa dengan hal tersebut.
Tapi, lambat laun karena beliau selalu mengajak saya ikut sarapan dengan mengkonsumsi nasi. Akhirnya, saya mulai mengkonsumsi juga. Awalnya yang hanya 2x ato 1x saya mengkonsumsi nasi dalam sehari, jadi 3x. Hasilnya? Saya naik berat badan 2kg setiap balik dari rumah mertua saya.
Saya memang tidak bisa mengkonsumsi nasi berlebih, karena karbohidrat dari nasi yg didalamnya mengandung gula membuat saya cepat gemuk. 
Sampai sekarang saya pun demikian, sarapan buah mulai terabaikan. Dan konsumsi nasi yang berlebih. Mungkin kata suami saya, porsi nasi saya sudah sedikit. Tapi kalo sampe 3x uda melebihi dari kebutuhan tubuh saya. 
Dulu, saya makan banyak tidak akan bertambah berat badan. Tapi sekarang, seminggu aja langsung naik 2 kg.
Btw, tidak hanya itu saja. Saya mulai makan apapun yg saya pengen. Sebelumnya saya benar-benar menjaga agar saya tidak jajan makanan yg tidak baik untuk tubuh. Tapi, ternyata malah keterusan makan apapun yg saya ingin makan. 
Akhirnya, beberapa hal mulai ikutan terganggu dari tubuh saya, yaitu :
1. Sembelit mulai kembali kambuh
Saya mempunyai masalah pencernaan. Dari kuliah, saya susah BAB teratur. Dulu, sejak pake sistem food combining, BAB saya lancar. Setiap hari selalu BAB di pagi hari. Sekarang, mulai kembali seperti dulu. Bisa 4x sehari ato malah parahnya seminggu sekali.
2. Sistem kekebalan tubuh menurun
Ini sangat mempengaruhi ternyata. Saya selama setahun lebih beberapa kali sakit. Saat ada yang sakit flu, saya bisa langsung tertular. Sementara dulu, saya bisa dibilang sangat kebal. Sekalipun dikeluarga saya semuanya sakit, saya biasanya tidak akan sakit. Sekalipun saya mulai sakit, biasanya tinggal makan banyak buah dan tidur, langsung sembuh dihari itu juga. 
3. Berat badan bertambah drastis
Ini juga sangat mempengaruhi tubuh saya. Berat badan yg berlebih membuat saya tidak nyaman bergerak. Karena merasa berat dimana mana.

Ternyata meninggalkan pola food combining sangat berpengaruh untuk tubuh saya ini. 
Dan sekarang? Saya mulai belajar lagi untuk mulai pake pola makan food combining ini. Bukan karena saya ingin kurus, tapi saya ingin sehat. Saya merindukan badan saya yang dulu. Dimana badan saya yang kebal dengan penyakit, dan juga lancar BAB setiap hari.
Ini menurut saya, tidak tahu kalo mungkin ada beberapa orang yang merasa tidak setuju dengan pola makan saya. Tapi, dengan pola makan ini saya merasa lebih sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cewek dan cowok

Alhamdulillaaah.. Akhirnya Fika bisa ngenet juga yaaa.. Fika dari kemaren lagi males yang mau nyentuh laptop buat ngenet, ngeliat sosial media, ngepoin orang-orang yang ga penting ( Astagfirullah, nambah dosa iyaa...) Makanyaaa.. Fika dari kemarennya uda ga nyentuh laptop lagi.. Takut tambah dosa.. Fika mau berbagi cerita.. Dan ini juga sebagian opini dari Fika, dan temen-temen kos.. Niatnya uda lama Fika mau nulis ini, tapi kadang ditengah nulis langsung males lagi Pernah ngerasa ga sii?? Kalo kebanyakan cowok itu lebih suka ama cewek dari wajahnya dulu?? Maksudnya karena cantiknya, dia suka terus ke hati?? Fika uda pernah sering nanyain itu ke temen-temen cowoknya Fika.. Sebagian besar mereka suka ama cewek karena dia cantik, manis, tinggi dan putih Mereka kebanyakan ngeliat fisik, bukan ngeliat hati dari cewek itu Sementara anak cewek?? Mereka kebanyakan ngga ngeliat dari fisik cowok itu Mereka lebih suka dengan kepribadiannya, akhlaknya, dan

anime : Kimi kiss pure Rouge

Untuk kali ini... Fika bakal ceritain masalah anime yang satu ini.. Hahaha jarang-jarang soalnya ada anime yang bener-bener romantis.. Oke.. ini ceritanya tentang si Mao Mizuzawa yang balik lagi ke Jepang.. untuk melanjutkan sekolahnya di kelas 3.. Dia sahabatan dari kecil ama Kouichi dan Kazuki.. Cerita ini.. bisa dibilang ceritanya bermacam-macam.. dari kisah kouichi yang mulai menyukai teman satu kelasnya, Yuumi Hoshino.. sementara Kazuki yang menyukai Eriko Futami, cewek yang punya IQ 190.. Kazuki mulai menyukai Erika Futami akibat eksperimen ciuman yang mereka lakukan.. Sementara.. Mao sendiri mulai berpacaran dengan EIJI kai, temen satu kelas dia di kelas 3.. yang kemudian.. si Mao ternyata mulai menyukai Koichi.. Complicated?? iyaaa.. tapi Fika akuin... ceritanya bisa bikin kita jadi ikutan masuk ke dalam cerita anime tersebut.. hohoho

Review : Meteor Garden Remake 2018, apakah lebih bagus?

Assalammualaikum.. Alhamdulillah, saya akhirnya mulai posting lagi. Awalnya agak males untuk menulis sesuatu, namun mendadak langsung bersemangat lagi untuk menulis.                                                 (foto diambil di website seleb.tempo ) Btw, Kalian masi inget banget dengan Meteor garden? Drama Taiwan yang sangat terkenal di tahun 2001? Yup, pasti kalian otomatis langsung inget dengan Jerry Yan, Barbie Hsu, Vic Zhou, Vannes Wu dan Ken Zhu. Drama Taiwan yang paling diinget jaman itu. Bela-belain untuk tidur agak malem biar bisa nonton drama itu. Dan besok paginya di sekolah langsung ceritain itu ke temen-temen laen yang juga suka nonton Meteor Garden juga. Mungkin sampe sekarangpun drama Taiwan yang paling membekas dalem ati *ceileh* :p Dan kali ini, Meteor Garden ini dibuat versi remakenya. Sebelumnya, Angie Chai   produser Meteor Garden 2001 memang telah mengumumkan remake drama tersebut. Drama yang diadaptasi dari Komik yang berjudul Hana Yo