Langsung ke konten utama

yey,, sejarah permen lollipop( hahai.. permen kesukaanNA fika... )^^


Permen stick diduga berawal dari manusia primitif yang mengumpulkan madu dengan menggunakan tongkat. Para arkeolog juga telah menemukan bahwa orang-orang Arab, Cina, dan Mesir, pada jaman dulu membuat buah dan kacang yang 'dipermenkan' dengan menggunakan madu.

Pada abad pertengahan di Eropa, gula adalah barang impor yang sangat mahal, dan hanya bisa dikonsumsi oleh orang-orang kaya. Agar penganan ini bisa dinikmati lebih lama, gula diolah menjadi permen. Di Inggris, agar permen-permen lebih mudah dimakan, mereka menggunakan stick (gagang).

Pada awal tahun 1905, McAviney Candy Company (sekarang sudah ditutup) mungkin yang mengawali sejarah produksi lollipop. Pemiliknya membuat permen dan mengaduknya dengan menggunakan stick. Pulang kerja, ia membawakan anaknya residu permen yang menempel di stick tersebut. Ia lalu memiliki ide untuk menjual permen dengan bentuk unik itu.

Tidak ada keterangan kapan pertama kali lollipop dijual. Meskipun demikian, jika cerita itu benar, McAviney Candy Company adalah yang pertama kali menjual permen lollipop.
Di dalam buku "Food For Thought (Extraordinary Little Chronicles of The World)", disebutkan bahwa George Smith dari Connecticut-lah yang pertama kali menciptakan (dan memberi nama) Lolly Pop pada tahun 1908.

Sumber yang lain mencatat, pada tahun 1908 di Racine, Wisconsin, ditemukan mesin produksi lollipop oleh Racine Confectionary Machine Company. Mesin ini diciptakan untuk mempermudah permen yang keras itu 'ditempelkan' ke ujung stick. Mesin ini bisa menghasilkan 2400 lollipop per jam.

Gelar sebagai produsen lollipop secara massal itu dipegang oleh The Racine Confectionary Company, sampai pada tahun 1912 ditemukan sebuah mesin yang dapat memasukkan stick ke dalam permen secara otomatis. Mesin ini diciptakan oleh seorang penguaha bernama Samuel Born. Kota San Fransisco sangat mengagumi inovasi ini, sampai-sampai Born (yang merupakan orang Rusia) diberi izin untuk ke San Fransisco tahun 1916 (padahal saat itu Amerika-Rusia sedang perang dunia).

Saat ini, beberapa produsen permen modern, seperti Spangler Candy Company bisa memproduksi tiga juta lollipop per hari. Wew!

Referensi: Lollipop, candyfavorites.com



yup,yup,yup. . .

hahai..
enak banget nie permen lollipop...

uhui...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cewek dan cowok

Alhamdulillaaah.. Akhirnya Fika bisa ngenet juga yaaa.. Fika dari kemaren lagi males yang mau nyentuh laptop buat ngenet, ngeliat sosial media, ngepoin orang-orang yang ga penting ( Astagfirullah, nambah dosa iyaa...) Makanyaaa.. Fika dari kemarennya uda ga nyentuh laptop lagi.. Takut tambah dosa.. Fika mau berbagi cerita.. Dan ini juga sebagian opini dari Fika, dan temen-temen kos.. Niatnya uda lama Fika mau nulis ini, tapi kadang ditengah nulis langsung males lagi Pernah ngerasa ga sii?? Kalo kebanyakan cowok itu lebih suka ama cewek dari wajahnya dulu?? Maksudnya karena cantiknya, dia suka terus ke hati?? Fika uda pernah sering nanyain itu ke temen-temen cowoknya Fika.. Sebagian besar mereka suka ama cewek karena dia cantik, manis, tinggi dan putih Mereka kebanyakan ngeliat fisik, bukan ngeliat hati dari cewek itu Sementara anak cewek?? Mereka kebanyakan ngga ngeliat dari fisik cowok itu Mereka lebih suka dengan kepribadiannya, akhlaknya, dan

anime : Kimi kiss pure Rouge

Untuk kali ini... Fika bakal ceritain masalah anime yang satu ini.. Hahaha jarang-jarang soalnya ada anime yang bener-bener romantis.. Oke.. ini ceritanya tentang si Mao Mizuzawa yang balik lagi ke Jepang.. untuk melanjutkan sekolahnya di kelas 3.. Dia sahabatan dari kecil ama Kouichi dan Kazuki.. Cerita ini.. bisa dibilang ceritanya bermacam-macam.. dari kisah kouichi yang mulai menyukai teman satu kelasnya, Yuumi Hoshino.. sementara Kazuki yang menyukai Eriko Futami, cewek yang punya IQ 190.. Kazuki mulai menyukai Erika Futami akibat eksperimen ciuman yang mereka lakukan.. Sementara.. Mao sendiri mulai berpacaran dengan EIJI kai, temen satu kelas dia di kelas 3.. yang kemudian.. si Mao ternyata mulai menyukai Koichi.. Complicated?? iyaaa.. tapi Fika akuin... ceritanya bisa bikin kita jadi ikutan masuk ke dalam cerita anime tersebut.. hohoho

Review : Meteor Garden Remake 2018, apakah lebih bagus?

Assalammualaikum.. Alhamdulillah, saya akhirnya mulai posting lagi. Awalnya agak males untuk menulis sesuatu, namun mendadak langsung bersemangat lagi untuk menulis.                                                 (foto diambil di website seleb.tempo ) Btw, Kalian masi inget banget dengan Meteor garden? Drama Taiwan yang sangat terkenal di tahun 2001? Yup, pasti kalian otomatis langsung inget dengan Jerry Yan, Barbie Hsu, Vic Zhou, Vannes Wu dan Ken Zhu. Drama Taiwan yang paling diinget jaman itu. Bela-belain untuk tidur agak malem biar bisa nonton drama itu. Dan besok paginya di sekolah langsung ceritain itu ke temen-temen laen yang juga suka nonton Meteor Garden juga. Mungkin sampe sekarangpun drama Taiwan yang paling membekas dalem ati *ceileh* :p Dan kali ini, Meteor Garden ini dibuat versi remakenya. Sebelumnya, Angie Chai   produser Meteor Garden 2001 memang telah mengumumkan remake drama tersebut. Drama yang diadaptasi dari Komik yang berjudul Hana Yo